Sunday, June 23, 2013

Tengah Dikembangkan, Pengobatan untuk Hentikan Penyebaran Sel Kanker



London, Kanker adalah penyakit yang banyak menghantui manusia, lantaran di beberapa kasus berujung pada kematian. Untuk menghentikan penyebaran sel kanker, para ilmuwan pun mengembangkan pengobatan baru.


Adalah tim peneliti di University College London yang tengah melakukan percobaan guna menemukan penyebab sel kanker bisa bermigrasi dari satu bagian tubuh ke bagian lain. Tim yang diketuai oleh Prof Roberto Mayor ini percaya mereka mungkin telah menemukan kunci untuk mengembangkan obat yang dapat membantu menghentikan penyebaran sel kanker.

Para ilmuwan mengidentifikasi mekanisme yang disebut 'kejar dan tangkap' yang menunjukkan bagaimana sel yang sakit dan sehat mengikuti satu sama lain di seluruh tubuh. Mereka menggunakan katak dan embrio ikan zebra sebagai objek percobaannya.

"Tak ada yang tahu bagaimana hal ini terjadi, dan sekarang kami percaya kami telah menemukan itu. Jika itu terjadi maka akan relatif mudah untuk mengembangkan obat yang mengganggu interaksi ini," kata Prof Roberto Mayor, ketua tim peneliti seperti dikutip dari Telegraph, Senin (17/6/2013).

Penelitian ini memfokuskan pada mekanisme bagaimana sel penyakit yang merenggut 150.000 jiwa per tahun di Inggris ini bisa menyebar. Dalam penelitian ditemukan, bahwa peran sel kanker diambil oleh sel pial neural, bentuk umum dari sel induk yang akhirnya membentuk jaringan hewan. Sementara sel-sel placode membentuk bagian dari sel yang sehat yaitu saraf kranial.

Sel-sel placode pun tidak hanya menarik sel-sel saraf, tetapi juga sel-sel sehat yang mencoba 'melarikan diri'. "Kami menggunakan analogi keledai dan wortel untuk menjelaskan perilaku ini di mana keledai mengikuti wortel, tapi wortel bergerak menjauh ketika didekati oleh keledai," tambah Prof. Mayor.

Temuan ini menunjukkan adanya cara alternatif mengobati kanker yaitu dengan terapi yang dapat memutuskan proses interaksi antara sel-sel ganas dan sehat sehingga sel kanker yang menyebabkan tumor sekunder bisa berhenti menyebar. Menurut Prof. Mayor, sebagian besar kematian akibat kanker tidak disebabkan oleh pembentukan tumor primer, melainkan tumor sekunder yang berasal dari sel-sel ganas pertama yang dapat melakukan perjalanan dan menjajah organ vital tubuh seperti paru-paru dan otak.

Dr Kat Arney, Science Information Manager di Cancer Research UK, menyambut baik temuan ini, tetapi ia menyarankan untuk tetap berhati-hati.

"Penelitian ini membantu untuk mengungkapkan beberapa proses biologis fundamental yang mungkin berada di tempat sel-sel kanker bergerak dalam tubuh. Tetapi para ilmuwan hanya mengembangkan sel-sel pada katak dan embrio ikan zebra dan tidak dengan khusus fokus pada sel-sel kanker," kata Dr Arney

"Jadi masih perlu proses yang sangat panjang untuk memastikan apakah temuan ini dapat diterjemahkan ke dalam pengobatan baru untuk pasien kanker," imbuhnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Nature Cell Biology.

Sumber ; http://health.detik.com/read/2013/06/17/142713/2275616/763/tengah-dikembangkan-pengobatan-untuk-hentikan-penyebaran-sel-kanker?l771108bcj

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...