Friday, March 22, 2013

Kanker Pada Ibu Belum Tentu Menurun ke Anaknya




Kanker pada seseorang bisa 'diturunkan' secara genetika. Tapi bukan berarti jika ibunya terkena kanker maka serta merta anaknya juga terkena kanker. Mata rantai kanker bisa diputus melalui pola hidup sehat.


"Ibu terkena kanker, belum tentu anak juga terkena kanker. Walaupun faktor genetik berperan, tetapi kita bisa menghindarinya dengan menerapkan pola hidup sehat," kata ahli radiologi, Prof dr Soehartati Gondhowiardko, SpRad(K)OnkRad.

Hal itu disampaikan perempuan yang akrab disapa Prof Tati itu dalam seminar awam bertajuk Menepis Mitos Tentang Kanker di RSCM, Jl Diponegoro, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (22/3/2013).

Menurut Prof Tati, ada tiga pola hidup sehat yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO). Ketiga pola hidup sehat tersebut adalah dengan mencegah obesitas, mencegah infeksi, dan mencegah tembakau.

"Juga hindari makanan berpenyedap, pengawet, perasa pewarna. Kurangi protein hewan budidaya, dan pastinya alkohol serta tembakau," tambah Prof Tati.

Profesor cantik berkacamata ini juga mengatakan pola hidup sehat sangat berperan bagi pengidap kanker dan keluarga pasien. Mengutip WHO, dengan menerapkan pola hidup sehat, maka 43 persen masalah kanker dapat dipotong rantainya.

Prof Tati juga menganjurkan pada penderita kanker atau keluarga pasien untuk tetap berpikir positif, menjaga olahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat. "Positif thinking saja. Itu yang perlu dibangun ketika terdiagnosa kanker dan di sinilah peran keluarga untuk tetap mendukung pasien, bukan malah ikut-ikutan panik," ucapnya.

sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/22/123027/2201024/763/jangan-takut-kanker-pada-ibu-belum-tentu-menurun-ke-anaknya?l771108bcj

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...